sebuah kenyataan hidup

Friday 7 September 2012

7 Gol Tercepat Dalam Sejarah


Perlu berapa lama sebenarnya sebuah gol bisa tercipta? 17 menit? 27 menit? Atau hampir pertandingan usai, seperti yang terjadi dalam pertandingan final Liga Champions kemarin antara Chelsea dan Bayern Munich. Kelamaan…..

Di tingkat internasional, maksudnya turnamen resmi yang digelar FIFA sampai saat ini tercatat Bryan Robson sebagai pencetak gol paling cepat. Dalam pertandingan Inggris melawan Prancis di Piala Dunia 1982, dia mencetak gol ke gawang Prancis hanya dalam 27 detik. Gol ini tercatat sebagai gol tercepat di ajang Piala Dunia.

Itu juga masih kelamaan….

Tanyakanlah pada orang-orang ini. Mereka hanya butuh waktu beberapa detik saja untuk mencetak gol.

Mereka memang bukan pemain terkenal tapi yang jelas mereka adalah orang-orang yang cerdik, yang juga pintar membaca kelengahan dan keteledoran penjaga gawang. Selain itu, mereka juga punya kaki yang kuat yang bisa menendang bola dalam jarak yang jauh.

Penentu terakhir, tentu saja wasit dan jam tangannya. Dia yang menentukan gol itu sah atau tidak. Sedangkan jam tangannya, memastikan catatan waktu.
Siapa mereka?

1. Damian Mori
Untuk tingkat liga local Australia, pemain ini memang tergolong jagoan. Salah satu kesuksesannya terjadi saat dia bermain untuk Adelaide City. Apalagi dalam sebuah pertandingan melawan Sydney United, dia mencetak gol super cepat dalam sejarah sepak bola Australia dengan catatan waktu, 3,69 detik. Namanya kemudian berkilau-kilau.

Tak heran bila klub Borussia Mönchengladbach asal Jerman, merekrutnya untuk bermain di Liga Jerman. Tapi di seberang lautan, dia tidak bisa berbuat banyak. Hanya sanggup bermain semusim, yang hanya bermain enam kali itu pun tak lebih dari satu babak, tanpa mencetak sebiji gol pun. Dia pulang kampong, eh malah jago lagi. Musim berikutnya dia menjadi pencetak gol yang paling rajin di Australia.

2. Colin Cowperthwaite
Dia adalah pemain klub Barrow – klub kecil di Inggris, yang paling gemar membuat gol. Bermain bola sejak Desember 1977 hingga Desember 1992, dia telah mencetak gol sebanyak 282 gol dalam 704 pertandingan. Dia pun dipilih sebagai pemain terbaik Barrow sepanjang massa.

Karirnya makin sempurna saat dia mencetak gol cepat dalam pertandingan pada 1979. Saat turun melawan Kettering Town, dia mencetak gol cepat dalam waktu 3,5 detik. Gol ini pun tercatat sebagai yang paling cepat dalam sejarah sepak bola Inggris.

Kini, Colin berusia 53 tahun dan sudah lama pensiun dari lapangan dan berkarir sebagai manager di klub amatir.

3. Frederico Chaves Guedes
Brasil boleh saja punya Roberto Carlos yang terkenal dengan tendangan gledeknya, namun soal urusan mencetak gol cepat hanya Frederico Chaves Guedes yang berhak menyandang sebagai pencetak gol tercepat di Brasil. Pemain yang lahir di Teofilo Otoni, Brasil pada 3 Oktober 1983 ini adalah pemain Fluminense. Posisinya, striker.

Dia pernah menghebohkan Brasil. Saat bermain untuk América Mineiro melawan Vila Nova di level junior Copa Sao Paulo, dia membuat gol yang sangat cepat yakni 3,17 detik. Dia memang ahli dalam tendangan bola-bola mati.

4. Carlos Almeida
Pertandingan ini memang hanya terjadi di divisi lima sepak bola Portugis, namun gol yang dibuat Carlon Almedia menjadikannya masuk dalam catatan sejarah. Gol yang dibuat dalam waktu 3 detik ini termasuk gol tercepat di dunia.

5. Ricardo Olivera
Dalam pertandingan Rio Negro melawan Soriano, Ricardo Olivera berhasil mencetak gol dengan catatan waktu 2,8 detik. Gol yang terjadi pada tahun 1998 ini tercatat sebagai gol tercepat di dunia menurut Guinness Book of Records. Namun rekor ini bertahan hanya sampai tahun 2004.

6. Marc Burrows
Nasib pemain ini tidak terlalu bagus. Karirnya banyak dihabiskan di klub-klub amatir, yang beberapa di antaranya tidak ikut dalam liga mana pun. Satu-satunya pertandingan yang paling bergengsi dia dapatkan saat bertanding dalam final Piala Carlsberg 6 Mei 2000. Dia sempat merasakan juga menginjak rumput Stadion Wembley.

Namun, Burrows merupakan pemain Inggris yang bisa mencetak gol cepat bahkan sangat cepat. Dalam pertandingan pada 2004, dia mencetak gol dari titik tengah lapangan. Karena kipernya salah posisi, gol pun tercipta. Catatan waktunya fantastis, hanya 2 detik.

Catatan waktu ini mengalahkan rekor gol cepat yang sebelumnya disandang Colin Cowperthwaite, yang membuat gol dengan catatan waktu 3,5 detik. Juga dengan gol yang dibuat Ricardo Oliveira, yang pernah membuat gol dalam hitungan 2,8 detik.

Angin tentu saja membantu bola itu sampai ke gawang. Namun, wasit menyatakan gol yang dibuat Burrows ini tercatat pada hitungan waktu, 2 detik saja. Belakangan FA, federasi sepak bola Inggris mengesahkan gol itu sebagai yang tercepat.
Marc Burrows wafat pada 2009 lalu akibat penyakit kanker.

7. Nawaf Al Abed
Nawaf Al Abed adalah striker Al-Hilal, klub professional di Arab Saudi. Pada 7 November 2009, saat bertanding melawan Al Shoalah dalam turnamen Piala Pangeran Faisal, dia membuat gol yang mengguncang tidak saja tanah Arab tapi juga dunia.

Saat wasit meniup tanda pertandingan dimulai, pemain kelahiran tahun 1990 ini langsung menendang bola sekeras-kerasnnya. Bola yang melambung itu ternyata tidak bisa ditangkap kiper lawan yang memang salah posisi. Wasit mengesahkan gol itu. Catatan waktunya: 2 detik.



Ini adalah gol tercepat yang pernah ada di dunia. Namun belakangan, gol ini menjadi menyimpan cacat. Sebabnya, dalam turnamen yang boleh dimainkan pemain di bawah umur 23 tahun, ternyata ada beberapa pemain yang mencatut umur.

Namun, gol ini tetap tercatat sebagai yang paling cepat.



No comments:

Post a Comment